MENU UTAMA

VAKSINASI

FORM LOGIN



PENGUNJUNG

Ada 66 tamu online

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini196
mod_vvisit_counterKemarin591
mod_vvisit_counterMinggu ini2200
mod_vvisit_counterBulan ini14344
mod_vvisit_counterSemua925031

Domain dan Hosting

Klik Disini

Newsflash

Penyakit Flu Burung dan Buah Merah

Penyakit flu burung merupakan penyakit yang menyerang pada unggas.

Gejala unggas yang terkena penyakit ini adalah mengalami demam yang tinggi lalu mengakibatkan kematian.

Obat untuk menyembuhkan penyakit ini sebenarnya sudah ditemukan yaitu vaksin AI ( Avian Influenza).

Bila penyakit ini menyerang peternakan unggas, maka akan berakibat fatal, karena semua unggas yang berada dalam peternakan akan tertular semuanya.

Selain dengan vaksin Al untuk pengobatan penyakit tersebut, seorang dosen dari Universitas Cendrawasih Papua yaitu Dr. Made Budi MS.

Telah mengadakan uji melalui sari "Buah Merah" dalam pengobatan flu burung ini dan hasilnya cukup memuaskan yaitu dari 20 ekor ayam yang terkena flu burung 19 ekor mengalami kesembuhan dan hanya 1 ekor yang mati.


Ciri-ciri sari Buah Merah hasil racikan Dr. Made Budi MS yaitu, tidak berbau asam, aroma netral, warna gelap (merah), kandungan air nol (0), endapan pasta nol, bilangan iod tinggi dan nilai peroksida nol(0)sampai 0,5. Titik didih sari buah merah rendah.

 
Mahkota Dewa

 

SEJAK ZAMAN DULU Mahkota Dewa digunakan untuk me­nyembuhkan berbagai penyakit, seperti lever, kanker, jantung, ken­cing manis, asam urat, rematik, ginjal, dan tekanan darah tinggi.Sebagai obat luar, buah dan bijinya berkhasiat untuk mengatasi jerawat, gatal kulit hingga eksim.

Dalam wayang purwo, perdu setinggi 5 meter ini dikeramatkan. Siapa pun yang akan memetik buahnya harus menyembah terebih dahulu. Bagi prajurit yang akan pergi ke medan laga wajib memakan buah ini agar sehat, kuat, dan selamat.


Dulu oleh para bangsawan Jawa, Mahkota Dewa dikenal de­ngan nama Makuto Dewo, Makuto Ratu, atau Makuto Rojo, dan ha­nya bisa dijumpai di lingkungan keraton Jogya dan Solo (orang Cina menamakannya dengan Pau yang artinya obat pusaka). Tetapi ka­rana buahnya besar, sebagian ahli botani lebih suka memberikan nama latin Phaleria Macrocarpa (macro: besar). Asal tanaman ini belum diketahui, namun menilik nama botaninya Phaleria Papuana dan termasuk famili Thymelaceae, diperkirakan tanaman ini berasal dari Tanah Papua, Irian Jaya. Entah bagaimana, dalam 5 tahun ter­akhir ini Mahkota Dewa popular kembali sebagai tanaman obat yang berkhasiat mangobati berbagai penyakit. Popuaritasnya tidak hanya terbatas di daerah Jawa, tetapi meluas hingga ke Malaysia.

Read more text
 

Newsflash

Kaitan Hiperlipidemia dgn terjadinya Artherosclerosis dan Hipertensi

Hiperlipidemia adalah keadaan meningkatnya kadar lipid darah dalam lipoprotein (kolesterol dan trigliserida). Hal ini berkaitan dengan intake lemak dan karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan dalam tubuh. Keadaan tersebut akan menimbulkan resiko terjadinya artherosclerosis dan hipertensi.

 Artherosclerosis adalah keadaan terbentuknya bercak yang menebal dari dinding arteri bagian dalam dan dapat menutup saluran dari aliran darah dalam arteri koronaria. Bila penyempitan terjadi pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan Penyakit Jantung Koroner.Pembuluh darah koroner yang menderita artherosklerosis selain menjadi tidak elastis, juga mengalami penyempitan sehingga tahanan aliran darah dalam pembuluh koroner juga naik. Naiknya tekanan sistolik karena pembuluh darah tidak elastis serta naiknya tekanan diastolik akibat penyempitan pembuluh darah disebut juga tekanan darah tinggi atau hipertensi. 
Dunia Kesehatan
Merokok dan Akibatnya ?? PDF Cetak Email
Ditulis oleh admin   
Kamis, 26 Maret 2009 05:15

Merokok kenapa dilakukan?? sebagian orang yang sudah benar-benar kecanduan rokok akan mengabaikan efek yang akan ditimbulkan akibat merokok. Kandang orang bilang lebih baik tidak makan dari pada tidak merokok  kenapa ? karena efek narkotik dari nicotine yang dikandung rokok sudah memberikan efek yang cukup besar pada kondisi tubuh orang yang merokok.

Ada banyak alasan mengapa meroko berbahaya bagi kesehatan anda sendiri dan kesehatan keluarga anda seadainya anda mempunyai kebiasaan tersebut . Alasan-alasan tersebut adalah:

1. KANKER

Kebiasaan merokok akan meningkatkan resiko kanker pada paru-paru dan bibir. Semakin banyak anda merokok, semakin besar pula kemungkinan anda meninggal akibat kanker. Sayangilah disi anda jangan sampai terkena salah satu penyakit ini karena apabila anda sudah terkena kanker kemungkinan sembuhnya kurang.

2. BRONCHITIS

Kebiasaan merokok juga akan menyembabkan penyakit-penyakit yang berbahaya bagi paru-paru termasuk bronchitis yang menahun dan emphysema dan dapat menimbulkan kematian pada orang yang menderita keadaan ini atau menderita asma.

3. BOROK LAMBUNG

Dengan kebiasaan merokok juga akan mengakibatkan penyakit pada lambung ( Borok Lambung) atau akan memperparah orang yang sudah menderita penyakit tersebut.

4. PNEUMONIA

Anak-anak dari orang tua yang perokok lebih sering menderita Pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya dibandingkan dengan anak-anak yang orang tuanya tidak merokok.

Baca selengkapnya...
 
Demam Berdarah Dengue - DBD PDF Cetak Email
Ditulis oleh admin   
Jumat, 20 Maret 2009 14:10

Musim hujan, akan merupakan yangdiharaplkan nyamuk untuk berkembang biak dan siap mencari mangsa, terutama nyamuk Aedes Aegity penyebab DBD. Hati- hati.....

Dewasa ini penyakit DBD masih merupakan salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia bersifat endemis dan timbul sepanjang tahun disertai dengan epidemi tiap 5 tahunan dengan kecenderungan interval serangan epidemi menjadi tak teratur.

Untuk mendiagnosia klinik DBD pedoman yang dipakai adalah yang disusun WHO :

Gejala Klinis :

1. Demam tinggi yang bersifat akut.

2. Adanya manifestasi perdarahan (paling sedikit tes tour-niquet positif)

3. Hepatomegali

4. Renjatan

 

Hasil Test Laboratorium :

1. Trombositopeni (?100.000/uL).

2. Hemokonsentrasi (kenaikan Ht ?20% diatas nilai rata-rata hematokrit penduduk menurut umur dan kelamin).

Untuk kehati-hatian kita segeralah ke dokter Rumah sakit agar segera mendapatkan pertolongan, karena siklus DBD biasanya sangat cepat dan kita biasanya lengah.

Pada saat epidemi sering sekali penderita menjadi panik dan memaksa untuk dirawat di rumah sakit sehingga fasilitas rawat inap di rumah sakit tidak memenuhi kebutuhan/keinginan penderita untuk dirawat di rumah sakit, dalam keadaan ini seyogyanya hanya penderita yang benar-benar memerlukan pengawasan di rumah sakit saja yang dirawat.

 

Pemutakhiran Terakhir ( Jumat, 20 Maret 2009 14:33 )
Baca selengkapnya...
 
Komposisi Zat Gizi dan Bahan Baku Lainnya dan Berbagai Macam Krupuk PDF Cetak Email
Ditulis oleh -   
Sabtu, 07 Pebruari 2009 13:33

Krupuk merupakan sajian yang hampir selalu hadir dalam hidangan masyarakat Indonesia sehari-hari baik pada acara perayaan kecil maupun besar. Makanan ini dibuat dan bahan dasar berbagai macam tepung terutama terigu dan tapioka, bumbu-bumbu, bahan tambahan penyedap dan bahan pewarna. Bahan dasar dan bahan tambahan tersebut di atas diaduk rata dan dibuat adonan, kemudian dimasak, selanjutnya adonan di- bentuk menurut selera pembuat, dikeringkan di bawah panas matahari atau lemari panas, dan siap untuk dipasarkan. Komoditi yang sudah kering kemudian digoreng untuk dikonsumsi. Krupuk umumnya diproduksi industri rumahan (home industry), industri skala kecil formal dan non-formal, dalam bentuk dan jenis yang beraneka ragam. Untuk mengetahui komposisi zat gizi krupuk, telah dibeli berbagai macam sampel dan 5 (lima) wilayah pusat perbelanja- an di Ibukota Jakarta. Hasil yang diperoleh umumnya menunjukkan kandungan hidrat arang per 100 gram yang tinggi di- bandingkan dengan kandungan protein per l00 gram yang sangat rendah yakni antara 85,81 g sampai 74,46 g untuk hidrat arang dan 0,03 g–8,90 g untuk protein. Kekecualian didapatkan pada krupuk kulit yang mengandung protein antara 80,0 1g – 82,91 g per 100 g. Satu hal menarik mengenai nilai gizi krupuk dapat dikemukakan tentang kadar lemaknya setelah digoreng yang meningkat sampai 20–30 kali. ini penting artinya, karena dengan mengkonsumsi krupuk maka konsumen tertentu akan mem- peroleh masukan minyak dalam jumlah relatiftinggi secara tidak sengaja yang besar manfaatnya bagi kebutuhan mereka. Dari aspek ekonomi produksi krupuk tapioka meningkatkan nilai tambah tepung, setelah menjadi kerupuk.

Pemutakhiran Terakhir ( Sabtu, 07 Pebruari 2009 14:03 )
Baca selengkapnya...
 
Mahkota Dewa PDF Cetak Email
Ditulis oleh admin   
Jumat, 23 Januari 2009 11:01

 

SEJAK ZAMAN DULU Mahkota Dewa digunakan untuk me­nyembuhkan berbagai penyakit, seperti lever, kanker, jantung, ken­cing manis, asam urat, rematik, ginjal, dan tekanan darah tinggi.Sebagai obat luar, buah dan bijinya berkhasiat untuk mengatasi jerawat, gatal kulit hingga eksim.

Dalam wayang purwo, perdu setinggi 5 meter ini dikeramatkan. Siapa pun yang akan memetik buahnya harus menyembah terebih dahulu. Bagi prajurit yang akan pergi ke medan laga wajib memakan buah ini agar sehat, kuat, dan selamat.


Dulu oleh para bangsawan Jawa, Mahkota Dewa dikenal de­ngan nama Makuto Dewo, Makuto Ratu, atau Makuto Rojo, dan ha­nya bisa dijumpai di lingkungan keraton Jogya dan Solo (orang Cina menamakannya dengan Pau yang artinya obat pusaka). Tetapi ka­rana buahnya besar, sebagian ahli botani lebih suka memberikan nama latin Phaleria Macrocarpa (macro: besar). Asal tanaman ini belum diketahui, namun menilik nama botaninya Phaleria Papuana dan termasuk famili Thymelaceae, diperkirakan tanaman ini berasal dari Tanah Papua, Irian Jaya. Entah bagaimana, dalam 5 tahun ter­akhir ini Mahkota Dewa popular kembali sebagai tanaman obat yang berkhasiat mangobati berbagai penyakit. Popuaritasnya tidak hanya terbatas di daerah Jawa, tetapi meluas hingga ke Malaysia.

Pemutakhiran Terakhir ( Jumat, 30 Januari 2009 14:59 )
Baca selengkapnya...
 
<< Mulai < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Halaman 10 dari 17