MENU UTAMA

VAKSINASI

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini52
mod_vvisit_counterKemarin320
mod_vvisit_counterMinggu ini3046
mod_vvisit_counterBulan ini9631
mod_vvisit_counterSemua1067517

Domain dan Hosting

Klik Disini

Newsflash

Penyakit Flu Burung dan Buah Merah

Penyakit flu burung merupakan penyakit yang menyerang pada unggas.

Gejala unggas yang terkena penyakit ini adalah mengalami demam yang tinggi lalu mengakibatkan kematian.

Obat untuk menyembuhkan penyakit ini sebenarnya sudah ditemukan yaitu vaksin AI ( Avian Influenza).

Bila penyakit ini menyerang peternakan unggas, maka akan berakibat fatal, karena semua unggas yang berada dalam peternakan akan tertular semuanya.

Selain dengan vaksin Al untuk pengobatan penyakit tersebut, seorang dosen dari Universitas Cendrawasih Papua yaitu Dr. Made Budi MS.

Telah mengadakan uji melalui sari "Buah Merah" dalam pengobatan flu burung ini dan hasilnya cukup memuaskan yaitu dari 20 ekor ayam yang terkena flu burung 19 ekor mengalami kesembuhan dan hanya 1 ekor yang mati.


Ciri-ciri sari Buah Merah hasil racikan Dr. Made Budi MS yaitu, tidak berbau asam, aroma netral, warna gelap (merah), kandungan air nol (0), endapan pasta nol, bilangan iod tinggi dan nilai peroksida nol(0)sampai 0,5. Titik didih sari buah merah rendah.

 
Mahkota Dewa

 

SEJAK ZAMAN DULU Mahkota Dewa digunakan untuk me­nyembuhkan berbagai penyakit, seperti lever, kanker, jantung, ken­cing manis, asam urat, rematik, ginjal, dan tekanan darah tinggi.Sebagai obat luar, buah dan bijinya berkhasiat untuk mengatasi jerawat, gatal kulit hingga eksim.

Dalam wayang purwo, perdu setinggi 5 meter ini dikeramatkan. Siapa pun yang akan memetik buahnya harus menyembah terebih dahulu. Bagi prajurit yang akan pergi ke medan laga wajib memakan buah ini agar sehat, kuat, dan selamat.


Dulu oleh para bangsawan Jawa, Mahkota Dewa dikenal de­ngan nama Makuto Dewo, Makuto Ratu, atau Makuto Rojo, dan ha­nya bisa dijumpai di lingkungan keraton Jogya dan Solo (orang Cina menamakannya dengan Pau yang artinya obat pusaka). Tetapi ka­rana buahnya besar, sebagian ahli botani lebih suka memberikan nama latin Phaleria Macrocarpa (macro: besar). Asal tanaman ini belum diketahui, namun menilik nama botaninya Phaleria Papuana dan termasuk famili Thymelaceae, diperkirakan tanaman ini berasal dari Tanah Papua, Irian Jaya. Entah bagaimana, dalam 5 tahun ter­akhir ini Mahkota Dewa popular kembali sebagai tanaman obat yang berkhasiat mangobati berbagai penyakit. Popuaritasnya tidak hanya terbatas di daerah Jawa, tetapi meluas hingga ke Malaysia.

Read more text
 

Newsflash

Cegahlah serangan Jantung mulai sekarang

Selama ini Penyakit Jantung Koroner (PJK) memang umumnya ditemukan di usia tua. Namun kini ada pergeseran kejadian penyakit ini dari usia tua ke usia lebih muda. Kejadian serangan jantung bisa saja terjadi pada kita jika kita tidak menerapkan pola hidup tidak sehat di usia muda.

Rokok Faktor Utama

Hingga saat ini PJK adalah pembunuh nomor satu di dunia. Di Amerika Serikat, satu dari lima orang mati karena penyakit ini. Belakangan angka kejadian penyakit ini juga meningkat di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia. Di negara kita, penyakit ini pun menduduki ranking satu sebagai penyebab kematian.
Organisasi Kesehatan Dunia WHO pernah melakukan penelitian dalam sebuah proyek raya yang dinamai Multinational Monitoring of Trends and Determinants in Cardiovascular Disease (MONICA) selama satu dasawarsa, melibatkan populasi dari 21 negara. Kesimpulan penelitian ini: serangan jantung pada usia di bawah 40 tahun sebagian besar (sekitar 80 %) disebabkan oleh salah satu faktor risiko mayor penyakit ini yaitu kebiasaan merokok.

Dalam bahasa medis, serangan jantung lebih dikenal sebagai infark miokard akut (acute myocardial infarction, AMI). Pada kondisi ini, aliran darah ke bagian daerah tertentu di jantung mengalami gangguan sehingga menyebabkan sel-sel jantung pada daerah yang terganggu ini mati. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh penumpukan plak lemak pada pembuluh darah arteri jantung yaitu arteria koronaria sehingga menyebabkan penyempitan.
Ketika serangan jantung terjadi, gejalanya antara lain nyeri di dada, terutama pada bagian kiri yang dapat menjalar hingga ke pundak sebelah kiri, sesak napas, mual, muntah, dan keringat dingin. Ada-pun faktor-faktor risiko mayor (penyebab utama) serangan jantung adalah diabetes, merokok, obesitas atau kegemukan dengan indeks masa tubuh lebih dari 30 kg/m2, kadar low density lipoprotein (LDL, kolesterol jahat) tinggi, trigliserida (lemak) tinggi, stres, dan konsumsi alkohol.
Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor risiko penting di kalangan orang muda di bawah 40 tahun. Mengapa begitu? Rokok membantu pembentukan formasi plak lemak pada dinding pembuluh darah terutama pada arteria koronaria di jantung. Dengan kata lain, rokok membuat proses penebalan pembuluh darah menjadi lebih cepat. Itu sebabnya perokok memiliki risiko lima kali lebih besar dibandingkan dengan yang bukan perokok.
Selain rokok, faktor penting lainnya gadalah kegemukan, kebiasaan makan-makanan tinggi lemak dan kolesterol, serta kurang berolahraga. Ini semua faktor penting yang makin sering kita temukan pada orang muda zaman sekarang. Merokok, tubuh gendut, makan tidak terkontrol, jarang berolahraga.
Selain mempengaruhi produktivitas, penyakit jantung juga dapat menyebabkan kematian mendadak. Mati muda. Jika penderita berhasil selamat melewati serangan jantung, maka persoalannya tidak lantas usai. Komplikasi setelah serangan jantung bisa saja menghantui. Salah satu bentuk komplikasi adalah gagal jantung. Dalam kondisi ini, jantung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Komplikasi lain adalah gangguan kontraksi jantung seperti regurgitasi (gangguan katup jantung) dan aritmia (gangguan denyut jantung). Tak hanya itu, serangan jantung ulangan pun bisa saja terjadi.

 

Pengobatan Seumur Hidup

Terlepas dari perkara komplikasi, pengobatan penyakit ini membutuhkan biaya yang menguras dompet. Selain pengobatan terhadap faktor risiko, diperlukan juga pencegahan dengan obat-obatan yang mungkin harus dikonsumsi seumur hidup. Di Amerika Serikat, penyakit ini tidak mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan tenaga kerja. Bahkan, sebagian perusahaan besar menolak memperkerjakan orang yang pernah terkena serangan jantung. Pertimbangannya, biaya perawatan kesehatannya tidak sebanding dengan produktivitas kerja yang dihasilkan oleh pasien ini. Bisa dibayangkan jika ini terjadi pada kita. Ditolak bekerja di usia produktif. Salah satu metode pengobatan yang paling populer untuk mencegah terjadinya serangan ulangan adalah operasi bypass. Operasi ini inembutuhkan biaya yang terhitung cukup mahal untuk kebanyakan orang Indonesia, minimal Rp 150 juta. Ini belum termasuk obat-obatan selama perawatan berikut obat pascaoperasi. Selain operasi bypass, metode lain untuk pencegahan serangan ulangan adalah pemasangan cincin stent, angioplasti balon, dan transplantasi jantung. Metode terakhir ini belum bisa dilakukan di Indonesia.

Bagaimana Ngemil Tapi Sehat PDF Cetak Email
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Gizi - Gizi
Begitu waktu menunjuk pukul 3 sore, terasa ada lonceng  lain dalam lambung kita yang ikut berdentang, minta diisi. Demikianlan jam biologis tubuh kita, mengirim sinyal yang mengisyaratkan kebutuhan tubuh sesuai kodratnya. Padahal jika jarum jam baru menunjuk pukul 15.00, berarti makan malam masih harus menunggu 2-3 jam lagi. Jadi yang kemudian dilakukan banyak orang adalah ngemil, yaitu menyantap makanan dengan porsi kecil sebagai pasokan energi, sebelum waktu makan besar tiba.

Berbeda sekali buat anak-anak yang secara naluri selalu ngemil kapan dan dimana saja, ternyata banyak orang dewasa takut ngemil. Alasan mereka, karena takut menjadi gemuk. Bahkan berkembang imeg dalam masyarakat bahwa camilan identik dengan cara makan yang tidak sehat. Maklum banyak orang ngemil secara kebablasan. Misalnya, mereka hanya makan kripik kentang atau kacang goreng, tetapi dilakukan dengan cara terus menerus menghabiskan sekantong potato chips dan setengah toples kacang mete.

Ekses ngemil tersebut sebenarnya bisa dihindari jika kita bisa cepat tanggap pada sinyal tubuh sebelum otak menampilkan gambar cheese cake atau tiramisu yang nyam­nyam untuk memenuhi panggilan perut. Yang secepatnya harus dilakukan adalah ngemil makanan yang kaya nutrisi dengan porsi yang tepat.

Keri Glassman, R.D, penulis buku The Snack Factor Diet, mengatakan bahwa ngemil tidak selalu berarti buruk untuk tubuh. Jika dilakukan secara tepat ngemil bisa membantu sistem metabolisme bekerja dengan lebih baik dan bisa mengurangi kecanduan makan (craving) yang justru mengarah ke makanan­makanan camilan tidak sehat. Anda juga tidak perlu takut bahwa ngemil akan menggemukkan.
 
Menurut Lori Reamer, R.D., kepala bagian gizi untuk Canyon Ranch di Lenox, Massachussets, mereka yang mengemil dengan pintar, yaitu makan makanan atau camilan sehat dengan porsi kecil, justru membuat mereka makan dengan porsi tidak berlebihan pada saat jam makan besar.
Beberapa prinsip berikut, bisa menjadi panduan agar  kita bisa ngemil secara tepat sehingga dengan cara tersebut menjamin kita bisa mengkonsumsi makanan sehat dalam sehari penuh.
 
Beberapa prinsip berikut, bisa menjadi panduan agar kita bisa ngemil secara tepat sehingga dengan cara tersebut menjamin kita bisa mengkonsumsi makanan sehat dalam sehari penuh.

Ganti haluan :
Banyak camilan yang sudah umum dikenal oleh masyarakat luas seperti keripik (chips) dan kue-kue kering yang miskin nutrisi karena biasanya mengandung banyak gula/karbohidrat, dan lemak tidak sehat (trans-fat). Jika ingin mulai ngemil secara sehat, Anda mesti putar haluan, ubah pola pikir dan tinggalkan jenis snack tersebut, demikian anjuran Reamer. Buah-buahan, kacang-kacangan, dan yogurt merupakan pilihan yang baik. Agar efeknya lebih maksimal, gabungkan kelompok makanan.  "Protein dan lemak lebih lama dicerna dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Gabungan dari keduanya, selain membuat kenyang lebih lama juga lebih memuaskan," ujar Glassman. Contoh: buah-buahan kelompok berries (karbohidrat) dengan yogurt rendah lemak (protein). 
 
Mengantisipasi lapar :
Perhitungkan waktu lapar Anda, dan jangan terlambat memenuhinya, sehingga tidak sampai muncul rasa ketagihan makan (craving) yang berlebih. Coba amati, kapan Anda mulai membayangkan menu favorit yang tersaji di cafetaria favorit Anda, atau Anda mulai merasa gelisah dan perhatian Anda mulai terganggu? Jika hal tersebut terjadi antara pukul 11.30 dan 16.30, maka rencanakan untuk menyantap camilan pada pukul 11.00 dan 16.00 "Apabila Anda ingin membuat suatu perubahan, tambahkan camilan sore," kata Glassman. lni akan membantu Anda mampu berpikir jernih sehingga terhindar dari snack yang menjerumuskan.
 
Pilih makanan yang Anda suka :
Mungkin Anda pernah membaca manfaat gizi cottage cheese Oenis keju rendah lemak).Tapi jika Anda tidak menyukainya, lupakan saja. Pilih cemilan yang benar-benar Anda suka. Jika Anda menyukai makanan yang sedikit lembek, cobalah irisan tomat di atas biskuit kaya serat dengan sepotong kecil keju cheddar yang dilelehkan. Jika Anda ingin sesuatu yang renyah tapi tetap berkalori rendah, pilih ketimun atau wortel. Rasa senang akan menambah kepuasan, ujar Reamer. Maka jangan ngemil sesuatu yang Anda jelas tidak menyukainya.  
 
Rencanakan porsi makan :
Jika Anda sudah memegang sekantung besar kacang atau satu boks besar kue-kue kering, tentu Anda akan lebih sulit untuk berhenti mengemil. Untuk menghindari kelebihan makan, sesuaikan porsi makanan tersebut dan simpan dalam wadah­wadah kecil atau kantung plastik kecil. Menurut Reamer, alam telah mengatur segala sesuatu dalam porsi masing-masing yang sesuai. Misalnya pisang, menurut Reamer, umumnya satu buah dihitung satu porsi. Anda tidak mungkin akan memakan satu sisir pisang sendiri dalam waktu yang bersamaan. Jumlah porsi camilan ideal yang Anda butuhkan tergantung dari berapa kalori yang Anda perlu konsumsi dalam sehari. 
 
Jangan memaksa untuk menjadi sempurna:
Ngemil dengan mematuhi sebuah panduan memang akan menghasilkan efek yang maksimal, namun Anda perlu bersikap tidak terlalu kaku. Beberapa orang menyerah membuat sebuah perencanaan camilan karena mereka tidak selalu bisa mendapatkan natural oatmeal, kacang walnut atau stroberi organik setiap kali, ujar Glassman. Oatmeal instan dan yogurt yang dapat langsung diminum memang bukan pilihan terbaik, namun jenis makanan ini termasuk cepat dan mudah didapatkan. Menyimpan beberapa jenis makanan camilan di dalam tas, misalnya sekotak kismis, kacang almon, atau sebuah apel dapat mencegah ngemil makanan-makanan camilan lain yang tidak sehat dan miskin kandungan gizinya. Sekali lagi, jenis camilan tersebut memang tidak bisa dibilang ideal, namun jauh lebih baik ketimbang Anda mencari-cari keripik kentang atau tidak makan sama sekali. 
 
Mengapa malu mengaku lapar?
Banyak orang yang tidak mengakui bahwa dirinya dalam keadaan lapar atau menganggap mengemil sebagai kebiasaan yang 'nakal'. Ketika seseorang mencoba untuk menghindari makan, seringkali justru mereka makan makanan yang tidak sehat, ujar Glassman. "Mereka akan mencari-cari makanan seperti keripik bungkusan karena mereka pikir itu bukan 'makan sungguhan'. Sementara tanpa disadari mereka telah mengkonsumsi sekitar 400 kalori dalam sebungkus keripik tersebut yang justru lebih besar kalorinya. dibandingkan dengan separuh roti lapis isi daging dan mereka akan merasa lebih kenyang. 
 
Berhenti makan sebelum kenyang 
lngatlah bahwa kalori yang Anda konsumsi pada makanan camilan bukanlah kalori 'gratisan'. Anda harus mengatur porsi makanan Anda. lkutilah semboyan Jepang berikut, hara hachi , yang artinya "makanlah hingga Anda merasa 80 persen kenyang", ujar Reamer. Jika Anda dapat berhenti makan di saat sudah hampir kenyang, maka dapat lebih mudah mengurangi porsi makanan yang Anda konsumsi. "Dan hal ini akan mudah dilakukan karena jika Anda merasa lapar lagi, Anda bisa makan kembali," ujar Reamer.  Dalam keyakinan kita mengenal anjuran 'makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang' yang sebenarnya bisa menjadi panduan makan yang sangat tepat, termasuk makan kecil atau snacking. 
 
Sumber : Majalah Nirmala