MENU UTAMA

VAKSINASI

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1187
mod_vvisit_counterKemarin1338
mod_vvisit_counterMinggu ini4901
mod_vvisit_counterBulan ini18841
mod_vvisit_counterSemua1143132

Domain dan Hosting

Klik Disini

Newsflash

Penyakit Flu Burung dan Buah Merah

Penyakit flu burung merupakan penyakit yang menyerang pada unggas.

Gejala unggas yang terkena penyakit ini adalah mengalami demam yang tinggi lalu mengakibatkan kematian.

Obat untuk menyembuhkan penyakit ini sebenarnya sudah ditemukan yaitu vaksin AI ( Avian Influenza).

Bila penyakit ini menyerang peternakan unggas, maka akan berakibat fatal, karena semua unggas yang berada dalam peternakan akan tertular semuanya.

Selain dengan vaksin Al untuk pengobatan penyakit tersebut, seorang dosen dari Universitas Cendrawasih Papua yaitu Dr. Made Budi MS.

Telah mengadakan uji melalui sari "Buah Merah" dalam pengobatan flu burung ini dan hasilnya cukup memuaskan yaitu dari 20 ekor ayam yang terkena flu burung 19 ekor mengalami kesembuhan dan hanya 1 ekor yang mati.


Ciri-ciri sari Buah Merah hasil racikan Dr. Made Budi MS yaitu, tidak berbau asam, aroma netral, warna gelap (merah), kandungan air nol (0), endapan pasta nol, bilangan iod tinggi dan nilai peroksida nol(0)sampai 0,5. Titik didih sari buah merah rendah.

 
Mahkota Dewa

 

SEJAK ZAMAN DULU Mahkota Dewa digunakan untuk me­nyembuhkan berbagai penyakit, seperti lever, kanker, jantung, ken­cing manis, asam urat, rematik, ginjal, dan tekanan darah tinggi.Sebagai obat luar, buah dan bijinya berkhasiat untuk mengatasi jerawat, gatal kulit hingga eksim.

Dalam wayang purwo, perdu setinggi 5 meter ini dikeramatkan. Siapa pun yang akan memetik buahnya harus menyembah terebih dahulu. Bagi prajurit yang akan pergi ke medan laga wajib memakan buah ini agar sehat, kuat, dan selamat.


Dulu oleh para bangsawan Jawa, Mahkota Dewa dikenal de­ngan nama Makuto Dewo, Makuto Ratu, atau Makuto Rojo, dan ha­nya bisa dijumpai di lingkungan keraton Jogya dan Solo (orang Cina menamakannya dengan Pau yang artinya obat pusaka). Tetapi ka­rana buahnya besar, sebagian ahli botani lebih suka memberikan nama latin Phaleria Macrocarpa (macro: besar). Asal tanaman ini belum diketahui, namun menilik nama botaninya Phaleria Papuana dan termasuk famili Thymelaceae, diperkirakan tanaman ini berasal dari Tanah Papua, Irian Jaya. Entah bagaimana, dalam 5 tahun ter­akhir ini Mahkota Dewa popular kembali sebagai tanaman obat yang berkhasiat mangobati berbagai penyakit. Popuaritasnya tidak hanya terbatas di daerah Jawa, tetapi meluas hingga ke Malaysia.

Read more text
 

Newsflash

Cegahlah serangan Jantung mulai sekarang

Selama ini Penyakit Jantung Koroner (PJK) memang umumnya ditemukan di usia tua. Namun kini ada pergeseran kejadian penyakit ini dari usia tua ke usia lebih muda. Kejadian serangan jantung bisa saja terjadi pada kita jika kita tidak menerapkan pola hidup tidak sehat di usia muda.

Rokok Faktor Utama

Hingga saat ini PJK adalah pembunuh nomor satu di dunia. Di Amerika Serikat, satu dari lima orang mati karena penyakit ini. Belakangan angka kejadian penyakit ini juga meningkat di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia. Di negara kita, penyakit ini pun menduduki ranking satu sebagai penyebab kematian.
Organisasi Kesehatan Dunia WHO pernah melakukan penelitian dalam sebuah proyek raya yang dinamai Multinational Monitoring of Trends and Determinants in Cardiovascular Disease (MONICA) selama satu dasawarsa, melibatkan populasi dari 21 negara. Kesimpulan penelitian ini: serangan jantung pada usia di bawah 40 tahun sebagian besar (sekitar 80 %) disebabkan oleh salah satu faktor risiko mayor penyakit ini yaitu kebiasaan merokok.

Dalam bahasa medis, serangan jantung lebih dikenal sebagai infark miokard akut (acute myocardial infarction, AMI). Pada kondisi ini, aliran darah ke bagian daerah tertentu di jantung mengalami gangguan sehingga menyebabkan sel-sel jantung pada daerah yang terganggu ini mati. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh penumpukan plak lemak pada pembuluh darah arteri jantung yaitu arteria koronaria sehingga menyebabkan penyempitan.
Ketika serangan jantung terjadi, gejalanya antara lain nyeri di dada, terutama pada bagian kiri yang dapat menjalar hingga ke pundak sebelah kiri, sesak napas, mual, muntah, dan keringat dingin. Ada-pun faktor-faktor risiko mayor (penyebab utama) serangan jantung adalah diabetes, merokok, obesitas atau kegemukan dengan indeks masa tubuh lebih dari 30 kg/m2, kadar low density lipoprotein (LDL, kolesterol jahat) tinggi, trigliserida (lemak) tinggi, stres, dan konsumsi alkohol.
Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor risiko penting di kalangan orang muda di bawah 40 tahun. Mengapa begitu? Rokok membantu pembentukan formasi plak lemak pada dinding pembuluh darah terutama pada arteria koronaria di jantung. Dengan kata lain, rokok membuat proses penebalan pembuluh darah menjadi lebih cepat. Itu sebabnya perokok memiliki risiko lima kali lebih besar dibandingkan dengan yang bukan perokok.
Selain rokok, faktor penting lainnya gadalah kegemukan, kebiasaan makan-makanan tinggi lemak dan kolesterol, serta kurang berolahraga. Ini semua faktor penting yang makin sering kita temukan pada orang muda zaman sekarang. Merokok, tubuh gendut, makan tidak terkontrol, jarang berolahraga.
Selain mempengaruhi produktivitas, penyakit jantung juga dapat menyebabkan kematian mendadak. Mati muda. Jika penderita berhasil selamat melewati serangan jantung, maka persoalannya tidak lantas usai. Komplikasi setelah serangan jantung bisa saja menghantui. Salah satu bentuk komplikasi adalah gagal jantung. Dalam kondisi ini, jantung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Komplikasi lain adalah gangguan kontraksi jantung seperti regurgitasi (gangguan katup jantung) dan aritmia (gangguan denyut jantung). Tak hanya itu, serangan jantung ulangan pun bisa saja terjadi.

 

Pengobatan Seumur Hidup

Terlepas dari perkara komplikasi, pengobatan penyakit ini membutuhkan biaya yang menguras dompet. Selain pengobatan terhadap faktor risiko, diperlukan juga pencegahan dengan obat-obatan yang mungkin harus dikonsumsi seumur hidup. Di Amerika Serikat, penyakit ini tidak mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan tenaga kerja. Bahkan, sebagian perusahaan besar menolak memperkerjakan orang yang pernah terkena serangan jantung. Pertimbangannya, biaya perawatan kesehatannya tidak sebanding dengan produktivitas kerja yang dihasilkan oleh pasien ini. Bisa dibayangkan jika ini terjadi pada kita. Ditolak bekerja di usia produktif. Salah satu metode pengobatan yang paling populer untuk mencegah terjadinya serangan ulangan adalah operasi bypass. Operasi ini inembutuhkan biaya yang terhitung cukup mahal untuk kebanyakan orang Indonesia, minimal Rp 150 juta. Ini belum termasuk obat-obatan selama perawatan berikut obat pascaoperasi. Selain operasi bypass, metode lain untuk pencegahan serangan ulangan adalah pemasangan cincin stent, angioplasti balon, dan transplantasi jantung. Metode terakhir ini belum bisa dilakukan di Indonesia.

Jalan Kaki menghilangkan stress PDF Cetak Email
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Kesehatan - Kebugaran
Jalan Kaki menghilangkan stressSelain mengatasi masalah berat badan, jalan kaki sesuai program yang disusun para ahli jalan kaki ini bisa mengurangi stres, serta membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

Berjalan di pagi hari berpengaruh baik terhadap kesehatan Anda. Penelitian menunjukkan, berjalan pagi secara teratur mengurangi risiko penyakit pembuluh darah, diabetes, stroke,tekanan darah tinggi, dan dapat mencegah penurunan daya ingat serta membantu membukakan pintu inspirasi.
Yang paling mengesankan, berjalan secara teratur juga dapat mengurangi tingkat stres, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan energi vital tubuh, serta membuat gerak lutut menjadi lebih lentur hingga mudah beradaptasi dengan jadwal aktivitas yang padat. Karena itu tak salah jika berjalan sangat dianjurkan sebagai solusi untuk menjaga kesehatan.
Berikut ini beberapa latihan dan cara berjalan yang dianjurkan para ahli untuk tujuan kesehatan.

I. JALAN KAKI UNTUK RELAKSASI

Jika dilakukan secara teratur, jalan cepat di pagi hari juga dapat mengurangi stres yang Anda alami. "Berjalan bahkan bisa menyamai yoga, meditasi, dan tai chi dalam menyeimbangkan pikiran," kata Danny Dreyer, seorang pelari maraton dan pencipta program ChiRunning and Chiwalking yang telah berpengalaman mengajarkan teknik berjalan sebagai relaksasi untuk mengurangi stres fisik maupun pikiran.
Thom Hartmann, psikoterapis dari Amerika Serikat menjelaskan, gerakan langkah kaki yang berulang-ulang mengkondisikan gelombang otak kita untuk masuk ke tahap atfa, kondisi yang membuat kita bisa merasa tenang dan nyaman. Karena pada tahap ini, selain memproduksi hormon endorfin, otak juga sangat terbuka terhadap segala macam informasi yang diterima oleh panca indera.

Beberapa tip berjalan kaki dari Danny Dreyer berikut ini dapat membantu Anda menemukan manfaat jaJan kaki sebagai meditasi untuk menghilangkan stres yang Anda alami. Bisa dilakukan sebelum beraktivitas, sepulang kerja, atau kapan saja Anda memiliki waktu senggang.
 
•Mencari tempat yang tenang.
Pilihlah suatu tempat yang sejuk untuk berjalan. Misalnya, daerah atau lokasi yang sepi dari lalu lintas kendaraan. Jika sekaligus ingin mendapatkan manfaat · rekreasi atau refleksi, lakukan di tempat terbuka seperti pantai, jalanan berkerikil, atau taman yang berumput dengan bertelanjang kaki.

•Kerjakan dengan nyaman.
Langkahkan kaki Anda senyaman mungkin, pendek-pedek saja dan jangan tergesa-gesa. Rasakan setiap sensasi yang terjadi pada tubuh, seperti tarikan napas, detak jantung, bahkan aliran darah tanpa berpikir, agar irama langkah kita dapat mengikuti dengan sendirinya.

•Menghirup udara segar.
Sambil berjalan, konsentrasikan diri pada stres dan ketegangan yang Anda rasakan. Lalu ambil napas dalam dan setiap kali menghembuskan napas, bayangkan bagian­bagian tubuh yang terasa tegang mulai relaks. Lakukan mulai dari kepala, leher hingga ke kedua bahu, lengan, dada, perut, betis, paha dan kaki. Ulangi latihan ini.

•Ambil waktu istirahat.
Setelah merasa cukup - setidaknya setiap 15 menit - istirahatlah dan jika masih ada waktu, cobalah ulangi sekali lagi.
 
 
II. JALAN KAKI UNTUK MENJAGA KESEHATAN

Berjalan membuat otot-otot utama tubuh Anda bekerja, meningkatkan kebugaran, membakar kalori, dan menurunkan tekanan darah. "Juga membuat Anda lebih bersemangat," kata Therese lknoian, penulis buku Fitness Walking.
Untuk mengoptimalkan kesehatan, lknoian menyarankan berjalan minimal 30 menit selama tiga sampai lima kali dalam seminggu dengan langkah yang santai. Berikut ini program tahap demi tahap jalan kaki yang disarankan oleh lknoian.

TAHAP 1. PEMULA
Tentukan durasi waktu berjalan antara 20 sampai 30 menit. Lakukan sedikitnya 3 kali dalam seminggu selama sekitar 4 minggu atau sampai Anda merasa terbiasa dan dapat berjalan selama 30 menit sekali jalan. 
•Manfaat.
Menurunkan tingkat stres, memperbaiki pola tidur, meningkatkan dan memperbaiki mood Anda.
•Cara mengerjakan.
Berjalanlah sejauh dan senyaman perasaan Anda, lalu putar dan jalan kembali. Untuk level pemula ini, lknoian menyarankan untuk mulai berjalan selama 20 menit dan secara bertahap menambahkan 2 sampai 3 menit setiap kali jalan, sampai Anda bisa berjalan dengan nyaman selama 30 menit.
•Tip.
Berjalanlah dengan sebuah tujuan, seperti saat Anda merasa akan terlambat untuk menemui seseorang.

TAHAP 2. BERJALAN STABIL
Untuk menemukan ritme dan memperhalus teknik jalan Anda, tingkatkan jarak tempuh dan frekuensi jalan Anda. Misalnya, 30 sampai 45 menit dengan frekuensi 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Lakukan tahap ini selama 4 sampai 8 minggu.
•Manfaat.
Merasakan dengan jelas peningkatan kesehatan secara umum dan adanya peningkatan energi dalam tubuh.
•Cara mengerjakan.
Ambil 1 sampai 2 waktu tetap jalan Anda dalam seminggu. Pada waktu itu, perpanjang waktu berjalan lebih lama dari biasanya. Jadi jika Anda berjalan 3 kali dalam seminggu selama 30 menit, lakukan selama 45-60 menit lamanya pada salah satu jalan kaki Anda.
•Tip.
Tarik siku dan bengkokkan hingga membentuk sudut 90 derajat, ayunkan tangan sealami mungkin. Ayunkan tangan dan kaki yang berlainan sisi secara bersamaan, serta percepat langkah Anda.
 
TAHAP 3. TINGKAT LANJUT
lnilah saatnya Anda mendisiplinkan diri untuk berjalan secara teratur. Setidaknya selama 30 sampai 60 menit tanpa henti, dengan frekuensi 5 sampai 6 kali dalam seminggu.
•Manfaat.
Menghilangkan lemak, mengelola dan menjaga berat badan ideal, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengurangi risiko penyakit, bahkan bisa sebagai terapi terhadap beberapa penyakit seperti, serangan jantung, diabetes, dan kanker.
•Cara mengerjakan.
Berjalanlah 30 menit sehari, 5 sampai 6 kali dalam seminggu, termasuk tambahan jarak tempuh saat Anda merasa kuat. Untuk menambah tantangan, cobalah tingkatkan jarak tempuh Anda setiap minggu. Pilih lokasi berjalan yang Anda sukai, sesuai tujuan yang Anda inginkan. Ulangi tahap ini 4 sampai 8 kali dalam jadwal jalan Anda.
•Tip.
Naikkan intensitas berjalan Anda dengan menaiki bukit, berjalan di atas lapangan rumput, lintasan berpasir atau lintasan khusus untuk berjalan/berlari.
 
 
III. JALAN KAKI UNTUK MENGGALI INSPIRASI

Dengan beban pikiran atau tidak, sesekali Anda perlu berjalan kaki di atas jalan yang bergelombang. lni akan membuat pikiran Anda lebih terbuka. "Dan Anda bisa memperoleh inspirasi untuk memecahkan masalah kejiwaan Anda," kata Thom Hartmann, penulis buku Walking Your Blues Away. "Saat berjalan, kita menstimulasi fungsi otak kiri dan kanan sehingga memberi akses lebih besar ke area pikiran kita dibanding jika kita hanya duduk saja," jelas Hartmann.
Menurutnya, aktivitas lain seperti, bersepeda, berlari, termasuk memainkan bola tenis dari tangan kiri ke tangan kanan dan sebaliknya, memiliki manfaat yang sama. Tetapi Hartmann menganggap berjalan merupakan pilihan terbaik. "lni merupakan salah satu cara tubuh kita melakukan proses penyembuhan," katanya.
Berikut ini beberapa tip yang bisa Anda pakai untuk memulai aktivitas berjalan kaki untuk mensitimulasi sikap mental dan membantu mengeluarkan kreativitas Anda.

????BERJALAN TANPA BEBAN.
Berpakaianlah senyaman mungkin, tinggalkan lpod di rumah, dan jangan membawa apa pun untuk mempermudah Anda tetap konsentrasi dan fokus.

????MENGATUR LANGKAH YANG NYAMAN.
Berjalanlah dengan langkah yang normal agar Anda dapat merasakan ritme jantung dan pernapasan. lni bermanfaat untuk menciptakan kondisi agar ide yang terlintas di kepala Anda tetap terpelihara.

????BAYANGKAN DILEMA ANDA.
Selama Anda berjalan, pikirkan masalah atau gagasan yang ingin Anda carikan jalan keluarnya. lni akan membantu Anda untuk menemukan penyelesaian akhir seperti, "Apa yang akan saya katakan kepada bos?" Biarkan pikiran Anda mengembara, kemudian, pelan-pelan arahkan pikiran Anda kembali ke pokok masalah yang Anda ingin pecahkan. Hartmann menjelaskan, pengaruh antara kesadaran berpikir (menjelajah semua poin dalam pikiran Anda) dan alam bawah sadar membawa pikiran Anda secara menyeluruh ke dalam pebcarian ide yang akan membantu Anda menemukan inspirasi.

????ATUR WAKTU ANDA.
Menurut Hartmann, rata-rata orang memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk mendapatkan ledakan kreativitas atau setara dengan jalan kaki sejauh 1,6 km.

Sumber : Majalah Nirmala