MENU UTAMA

VAKSINASI

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini198
mod_vvisit_counterKemarin591
mod_vvisit_counterMinggu ini2202
mod_vvisit_counterBulan ini14346
mod_vvisit_counterSemua925033

Domain dan Hosting

Klik Disini

Newsflash

Penyakit Flu Burung dan Buah Merah

Penyakit flu burung merupakan penyakit yang menyerang pada unggas.

Gejala unggas yang terkena penyakit ini adalah mengalami demam yang tinggi lalu mengakibatkan kematian.

Obat untuk menyembuhkan penyakit ini sebenarnya sudah ditemukan yaitu vaksin AI ( Avian Influenza).

Bila penyakit ini menyerang peternakan unggas, maka akan berakibat fatal, karena semua unggas yang berada dalam peternakan akan tertular semuanya.

Selain dengan vaksin Al untuk pengobatan penyakit tersebut, seorang dosen dari Universitas Cendrawasih Papua yaitu Dr. Made Budi MS.

Telah mengadakan uji melalui sari "Buah Merah" dalam pengobatan flu burung ini dan hasilnya cukup memuaskan yaitu dari 20 ekor ayam yang terkena flu burung 19 ekor mengalami kesembuhan dan hanya 1 ekor yang mati.


Ciri-ciri sari Buah Merah hasil racikan Dr. Made Budi MS yaitu, tidak berbau asam, aroma netral, warna gelap (merah), kandungan air nol (0), endapan pasta nol, bilangan iod tinggi dan nilai peroksida nol(0)sampai 0,5. Titik didih sari buah merah rendah.

 
Mahkota Dewa

 

SEJAK ZAMAN DULU Mahkota Dewa digunakan untuk me­nyembuhkan berbagai penyakit, seperti lever, kanker, jantung, ken­cing manis, asam urat, rematik, ginjal, dan tekanan darah tinggi.Sebagai obat luar, buah dan bijinya berkhasiat untuk mengatasi jerawat, gatal kulit hingga eksim.

Dalam wayang purwo, perdu setinggi 5 meter ini dikeramatkan. Siapa pun yang akan memetik buahnya harus menyembah terebih dahulu. Bagi prajurit yang akan pergi ke medan laga wajib memakan buah ini agar sehat, kuat, dan selamat.


Dulu oleh para bangsawan Jawa, Mahkota Dewa dikenal de­ngan nama Makuto Dewo, Makuto Ratu, atau Makuto Rojo, dan ha­nya bisa dijumpai di lingkungan keraton Jogya dan Solo (orang Cina menamakannya dengan Pau yang artinya obat pusaka). Tetapi ka­rana buahnya besar, sebagian ahli botani lebih suka memberikan nama latin Phaleria Macrocarpa (macro: besar). Asal tanaman ini belum diketahui, namun menilik nama botaninya Phaleria Papuana dan termasuk famili Thymelaceae, diperkirakan tanaman ini berasal dari Tanah Papua, Irian Jaya. Entah bagaimana, dalam 5 tahun ter­akhir ini Mahkota Dewa popular kembali sebagai tanaman obat yang berkhasiat mangobati berbagai penyakit. Popuaritasnya tidak hanya terbatas di daerah Jawa, tetapi meluas hingga ke Malaysia.

Read more text
 

Newsflash

Makanan Alami Penurun Kolesterol
UNTUK MEMPEROLEH MANFAAT dari buah dan sayur secara optimal, perlu diperhatikan cara pengolahan, lama pemasakan, dan panas yang digunakan, agar zat penting yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Begitu pula dalam mengupas buah, sebaiknya tidak terlalu banyak bagian kulit yang dibuang karena di sekitar permukaan kulit banyak terkandung vitamin dan mineral penting. Beberapa buah bahkan dianjurkan untuk dimakan bersama kulitnya, seperti apel, jambu biji, dan pir. Buah dan sayur secara alami tidak banyak mengandung lemak dan bebas kolesterol. Hanya durian dan alpukat yang memiliki kadar lemak.

ALPUKAT
Walau mengandung lemak cukup tinggi, alpukat dapat menurunkan kolesterol darah. Pada responden yang mengonsumsi 1-1,5 buah alpukat per hari, kadar kolesterolnya turun dari 236 menjadi 217. Sebaiknya alpukat dikonsumsi tanpa menambahkan bahan penyerta yang justru akan meningkatkan kadar lemaknya.

ANGGUR
Anggur yang mengandung zak pektin cukup tinggi juga berpotensi menurunkan kadar kolestero/ dalam darah. Zat ini bermanfaat dalam mengatasi penyumbatan aorta. Mengonsumsi buah anggur setiap hari, cukup memperoleh manfaat yang diharapkan.

KEDELAI
Semua makanan yang berbahan dasar kedelai, baik untuk kesehatan. Berbagai produk kedelai membuktikan bahwa makanan tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol. Kenyataan membuktikan, setelah 1 %-3 bulan mengganti protein hewani dengan protein kacang kedelai, kadar kolesterol darah rata-rata menurun hingga 9,3 persen. Para ahli yakin, mengonsumsi protein kedelai antar 31-47 gram setiap hari, mampu menekari konsentrasi kolesterol serum dan kolesterol LDL secara nyata. Namun, kemampuan protein kedelai untuk menurunkan tergantung kadar kolesterol awal seseorang. Mereka yang kadar kolesterolnya rendah (di bawah 250 mg/dL) , mengonsumsi protein kedelai hampir tidak ada pengaruhnya.

Dibanding kedelai mentah, hasil olahan seperti tempe memiliki nilai lebih. Selama proses fermentasi dari kedelai menjadi tempe, terjadi produksi enzim fitase oleh kapang tempe (Rhizopus sp). Enzim ini memecah fitat yang bersifat merugikan (mengikat beberapa mineral sehingga tidak dapat dimanfaatkan tubuh secara optima). Tempe mengandung antioksidan yang dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL darah dan intitrasi lemak atau LDL teroksida ke dalam jaringan pembuluh darah. Ini dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang memicu timbulnya penyakit jantung koroner.
Pisang Buah Manfaat Super PDF Cetak Email
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Gizi - Gizi

pisang superSejak Kumiko Mori, penyanyi opera Jepang yang berbobot 100 kg, menceritakan kisah suksesnya menurunkan berat badan hingga 7 kg dengan mengikuti banana daito (diet pisang) alias morning banana diet, popularitas pisang langsung meroket di Jepang. Para pemirsa talkshow bertajuk "Dream Press-sha" yang ditayangkan 19 September 2008, baik pria maupun wanita, tua dan muda, berbondong-bondong memborong pisan
sehigga harga buah kegemaran monyet ini langsung meroket. Demam pisang belum berakhir di Jepang, musim semi 2009 lalu, di Jepang ditayangkan drama serial berjudul Mr Brain yang menceritakan seorang ahli otak yang sangat ahli memecahkan kasus kejahatan dan punya hobi makan pisang. Drama ini sangat digemari di Jepang dan kebiasaan Mr Brain yang rajin makan pisang yang katanya baik buat otak - langsung populer dan ditiru oleh orang-orang.

Buah Tertua yang pernah ditanam

Pisang memang baru ngetop dan bikin heboh di Jepang akhir tahun 2008. Tapi sebenarnya sepak terjang pisang sudah mendunia sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti-bukti arkeologi menunjukkan bahwa pisang telah dibudidayakan sejak 8000 SM di kawasan Asia Tenggara. Jadi, bisa dibilang pisang merupakan buah pertama dan tertua yang
dibudidayakan manusia.Dalam dunia botani, pisang memiliki nama genus 'Musa'. Ada banyak pendapat tentang asal usul nama 'Musa' ini. Menurut catatan yang ditulis oleh Plinius prajurit Kaisar Alexander dari Yunani kuno - saat berkunjung ke ke India pada tahun 333 SM, nama ini diambil dari nama seorang Nabi.karenanya, tanaman pisang diberi nama botani Musa sapientum,artinya "Musa si manusia bijaksana". Teori lainnya berpendapat bahwa nama itu berasal dari nama Antonio Musa, seorang tabib kercayaan Kaisar Augustus Oktavianus dari Romawi Kuno. konon, sang tabib menyarankan sang kaisar rajin makan pisang untuk menjaga kesehatannya. Ahli botani P. Popenoe lewat tulisannya dalam Journal of Heredity punya pendapat lain lagi. Menurutnya, Linnaeus, bapak ilmu botani, mengambil nama itu dari bahasa Arab untuk pisang, yaitu mauz. Nama 'banana' sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu banan yang artinya 'jari'.

Dari diet pisang hingga makanan otak


Heboh diet pisang di Jepang mengukuhkan pisang sebagai makanan diet. Morning banana diet diperkenalkan oleh Sumiko Watanabe, seorang apoteker, yang telah telah mempraktikkan diet ini kepada suaminya, Hitoshi Watanabe, yang berbadan tambun; dan berat badan suaminya itu berkurang 17 kg. Menurut Watanabe, ini semua karena pisang sangat rendah lemak, serta memiliki kandungan air, serat, dan kalium yang tinggi. Pisang memang sangat kaya akan kalium, serat, dan vitamin B6.

Klaim pisang sebagai makanan otak bukan hanya sekadar cerita dalam drama serial Mr Brain yang populer di Jepang.Kandungan kalium dalam pisang membantu proses belajar dengan membuat otot dan pupil mata lebih waspada. lni dibuktikan lewat penelitian terhadap 200 orang pelajar di Twickenham, Middlesex, lnggris. Para pelajar terbantu dalam ujian mereka setelah setiap sarapan, istirahat, dan makan siang selalu mengkonsumsi pisang sebagai pemacu kekuatan berpikir mereka. Tak hanya menyegarkan otak, makan pisang juga bisa meredakan stres. Pisang mengandung triptofan, asam amino yang dengan bantuan vitamin B6 akan diubah menjadi serotonin,
yaitu neurotransmiter (kimia otak) yang dapat menimbulkan rasa bahagia, relaks, dan memperbaiki mood. Saat stres dan depresi,kadar kalium dalam tubuh akan berkurang dengan cepat. Kalium berperan mengontrol detak jantung dan mengirim oksigen ke otak. Makan pisang akan menyeimbangkan kembali kadar kalium dalam tubuh. Kandungan vitamin B dalam pisang juga membantu menenangkan saraf.

Antihipertensi & obat maag alami

Selain baik untuk diet penurunan berat badan dan menguatkan kinerja otak, pisang memiliki aneka manfaat sehat berkat kandungan nutrisi andalannya seperti kalium, serat, vitamin B6, dan antioksidan.

CEGAH STROKE DAN PENYAKIT JANTUNG. Pisang sangat kaya akan kalium sekitar 467 mg kalium - yang berperan mengontrol tekanan darah, ritme dan fungsi jantung, sehingga dapat mencegah hipertensi dan melindungi dari aterosklerosis penyebab penyakit jantung. Publikasi penelitian yang dimuat dalam The New England Journal of Medicine, melaporkan bahwa konsumsi pisang sebagai bagian dari diet dapat menurunkan risiko kematian akibat stroke hingga 40 persen.

ENERGI INSTAN . Gula dalam pisang sangat mudah dicerna. Kombinasi karbohidrat dan vitamin B dalam pisang membantu menyediakan energi instan karena gula pisang sangat mudah dicerna dan efeknya bertahan lama. Penelitian membuktikan bahwa makan dua buah pisang menyediakan energi yang bertahan hingga 90 menit.

SAHABAT PENCERNAAN. Konsumsi pisang sangat baik bagi penderita sakit maag karena pisang memiliki efek antasida (menetralkan dan mengurangi produksi asam lambung) sehingga dapat melindungi dari tukak lambung. Pisang melindungi.
lambung dengan 2 cara. Pertama, zat dalam pisang membantu mengaktifkan sel penyusun lapisan pelindung lambung,sehingga membentuk lapisan pelindung yang lebih tebal untuk mencegah iritasi akibat asam lambung. Kedua, pisang mengandung protease inhibitor yang bermanfaat mengusir bakteri dalam lambung yang menjadi penyebab utama Iuka pada lambung.
Kandungan pektin, serat larut dalam pisang juga dapat mengatasi konstipasi (sembelit) dengan membantu mendorong dan mengontrol gerakan usus hingga "urusan ke belakang" jadi lancar. Pisang juga mengandung fruktooligosakarida, serat yang berperan sebagai prebiotik - makanan bagi probiotik alias bakteri 'baik' di dalam usus. lni akan meningkatkan jumlah bakteri 'baik' untuk melindungi usus dari serangan bakteri 'jahat'.
Pisang juga sangat mudah dicerna karenanya sejak dulu, pisang telah dimanfaatkan sebagai makanan padat pertama bagi bayi. Pisang mudah dicerna karena kandungan lemaknya sangat rendah. Penelitian yang dimuat dalam Digestive Diseases and Sciences, terhadap 57 bayi laki-laki berusia 5-12 bulan yang mengalami diare dan diberi makan pisang selama 14 hari,menunjukkan bahwa terjadi penurunan berat tinja hingga 50 persen. lni tandanya pencernaan bayi menyerap lebih banyak nutrisi.

JAGA KESEHATAN TULANG. Dengan meningkatnya populasi bakteri 'baik' dalam usus, produksi vitamin dan enzim pencernaan akan meningkat. Akibatnya kemampuan usus untuk menyerap nutrisi, terutama kalsium juga ikut meningkat. Penelitian di University of Kansas Medical Center menunjukkan bahwa kandungan kalium pisang juga bermanfaat mencegah hilangnya kalsium lewat urine akibat konsumsi makanan tinggi garam (natrium) sehingga dapat mencegah proses penipisan tulang. Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek yang tidak bisa dicerna, yang merupakan makanan favorit bagi sel penyusun lapisan pelindung usus. Dengan sehatnya usus, otomatis penyerapan kalsium juga meningkat.

TURUNKAN RISIKO KANKER GINJAL. Hasil penelitian yang dimuat dalam International Journal of Cancer melaporkan bahwa konsumsi 2,5 porsi sayur dan buah, terutama pisang, setiap hari dapat menurunkan risiko kanker ginjal hingga 40 persen. Penelitian selama 13 tahun yang melibatkan 61 .000 wanita berusia 40-76 tahun itu juga menyebutkan bahwa konsumsi pi sang sebanyak 4-6 kali per minggu akan menurunkan risiko kanker ginjal hingga 50 persen. lni semua karena pisang mengandung antioksidan dalam bentuk senyawa fenol. Menurut penelitian di University of Maryland Medical Center, kandungan kaliumnya juga menurunkan risiko pembentukan batu ginjal dengan cara mencegah pengeluaran kalsium lewat urine.

SAHABAT MATA. Publikasi dalam Archives of Ophthalmology mengungkapkan bahwa konsumsi 3 porsi atau lebih buah dan sayuran salah satunya pisang setiap hari dapat menurunkan risiko ARMD (age-related macular degeneration) yang menjadi penyebab utama gangguan penglihatan pada lansia, hingga 36 persen. Ini semua karena pisang mengandung provitamin A alias karotenoid, yang berperan sebagai antioksidan terutama untuk menjaga kesehatan mata. Semakin keemasan warna daging buah pisang, maka semakin tinggi kandungan karotenoidnya.

ATASI ANEMIA. Anemia merupakan kondisi dimana jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dan sel darah merah berada di bawah normal. Makan pisang bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin karena pisang mengandung mineral besi dan vitamin B6 yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dan sel darah merah.
Bagaimana, banyak sekali kan manfaat pisang?

Tidak seperti di Jepang dimana pisang sempat menjadi buah langka karena efek 'demam' banana daito, pisang bisa kita temukan di mana-mana dengan harga yang relatif murah. Maka tak ada salahnya jika kita menjalani hidup sehat dengan makan pisang setiap hari.

Sumber : Majalah Nirmala

.